Home / Berita Umum / Sebagian Besar Warga Aceh Keluhkan Air PDAM yang Sering Macet

Sebagian Besar Warga Aceh Keluhkan Air PDAM yang Sering Macet

Sebagian Besar Warga Aceh Keluhkan Air PDAM yang Sering Macet – Sejumlah besar masyarakat Kota Banda Aceh merintih air PDAM yang seringkali macet. Masalah air bersih ini terjadi bertahun-tahun. Wali Kota Banda Aceh Aminullah Usman janji permasalahan itu akan dituntaskan tahun kedepan.

Di lokasi Lamdingin, Banda Aceh, air PDAM naik ke rumah dengan intensitas kecil serta sering macet. Masyarakat mesti menghidupkan pompa air supaya air bersih mengalir ke rumah. Perihal ini terjadi dalam sebelum paling akhir. Awal mulanya, air mengalir cukup kencang.

Wali Kota Banda Aceh, Aminullah Usman, menjelaskan, Pemko Banda Aceh akan mengakhiri masalah air bersih pada 2019 yang akan datang. Tahun ini, pihaknya mencari investor lebih dulu sebab untuk menangani permasalahan air itu perlu dana besar.

“Jika saat ini diminta tuntaskan itu mustahil, kita dari misi serta visi mulai (kita) tuntaskan tahun 2019. Tahun 2018 kita mencari investor karenanya biayanya besar sekali, bukan mengubah telapak tangan. Untuk mengakhiri air bersih di Kota Banda Aceh itu beberapa ratus miliar mesti ada uang,” kata Aminullah pada wartawan di Banda Aceh, Senin (29/10/2018).

Menurut dia, sekarang ini telah ada investor yang akan digaet untuk mengakhiri permasalahan itu. Akan tetapi Pemko akan mengadakan tender lebih dulu.

“Memang kita akui jika saat ini memanglah belum tuntas tetapi jika ada yang katakan tuntas saat ini itu mustahil. Ini perjalanan panjang ke air bersih ini telah demikian tahun lamanya yang belumlah selesai, kita ingin selesaikan supaya penduduk ini serta dengan hitungan telah 86 % masyarakat Banda Aceh telah nikmati air bersih,” jelas Aminullah.

Berkaitan jumlahnya aduan penduduk, Aminullah, mengakui masalah itu terjadi lama. Meskipun begitu, Pemko Banda Aceh akan berusaha untuk menyiapkan air bersih buat masyarakatnya. Untuk penduduk yang benar-benar tidak memperoleh supply air, ia minta PDAM untuk mengantar pertolongan air ke rumah konsumen setia itu.

“Pada umumnya telah ada air di Banda Aceh. Jadi sebab ada beberapa yang ini mesti tuntas saat ini, saya angkat tangan. Jika saat ini tidak mungkin. Siapa juga tidak mungkin mengakhiri. Ada uang juga satu pesawat, bawa serta sini, tidak akan tuntas. 2019 Insyallah,” papar Aminullah.

About admin