Home / Berita Umum / Puluhan Anggota Pesilat dari PSHW Datangi Gedung DPRD Madiun

Puluhan Anggota Pesilat dari PSHW Datangi Gedung DPRD Madiun

Puluhan Anggota Pesilat dari PSHW Datangi Gedung DPRD Madiun – Beberapa puluh anggota pesilat dari Persaudaraan Setia Hati Winongo (PSHW) mendatangi gedung DPRD Kota Madiun. Mereka protes larangan perayaan Suran Agung yang setiap tahun teratur diselenggarakan di bulan suro. Massa yang hadir didapati ketua serta wakil ketua DPRD Kota Madiun.

Beberapa pesilat menilainya kebiasaan suran agung adalah kebiasaan mudik dari anak asuh sowan (Sungkem) ke ayah asuh. Larangan ini dipandang menghambat masyarakat PSHW di luar Kota Madiun tidak dapat sowan ke ayah asuh.

“Tolong dikatakan pada polisi, jika kita tidak ada kegiatsn yang terkait dengan politik, karena tahun politik bukan sekedar Madiun, di Solo acara sekaten bisa dikerjakan. Mengapa di Madiun tidak bisa,” kata Hendrik, salah seseorang pesilat di depan Ketua serta Wakil Ketua DPRD Kota Madiun, Jumat (6/9/2018).

Beberapa pesilat bersikeras ingin melakukan pekerjaan suran agung beralasan tidak mau menghilangkan budaya leluhur. “Budaya leluhur jangan pernah ditiadakan, karenanya budaya bangsa. Mesti dipatenkan ketentuan berkaitan pekerjaan tahunan suran agung,” kata pesilat lainnya bernama Firman.

Pesilat yang sejumlah 20 orang itu didapati Ketua serta Wakil Ketua DPRD Kota Madiun di ruangan rapat. Akan tetapi hasil diskusi belumlah temukan hasil yang diinginkan.

Sesaat Ketua DPRD Kota Madiu Istiono mengakui pihaknya akan mengulas persoalan ini ke Forpimda Kota Madiun. “Yang pasti kita akan membawa persoalan ini ke tingkat Forpimda Kota Madiun,” tegasnya.

About admin