Home / Berita Umum / Polres Serang Sita 198 Karung Ketumbar Berbahan Kimia

Polres Serang Sita 198 Karung Ketumbar Berbahan Kimia

Polres Serang Sita 198 Karung Ketumbar Berbahan Kimia – Polres Serang mengambil alih 198 karung ketumbar bercampur bahan kimia dari aktor KS di Tanara, Kabupaten Serang, Banten. Ketumbar itu digabung dengan bahan kimia hidrogen peroksida atau H2O2 supaya tampak mengkilap serta laris di market.

“Kami menggagalkan dibanding peredaran ketumbar yang manakah hasil dari info lalu di kembangkan ke penyelidikan dijumpai di daerah Tanara dengan terduga KS,” kata Kapolres Serang AKBP Indra Gunawan pada wartawan waktu mengadakan jumpa wartawan di Mapolres Serang, Senin (27/8/2018).

Tidak hanya mengambil alih beberapa ratus karung, polisi juga mengamankan 27 jeriken bahan kimia. Tujuh jeriken waktu dikerjakan penyitaan masih tetap terlihat penuh, sedang 20 jeriken bahan kimia yang lain telah digunakan untuk digabung ke ketumbar.

Ketumbar itu ditangkap sebelum disebarkan. Indra menyampaikan aktor awalannya mencampurkan ketumbar dengan bahan kimia dalam satu. Kemudian ketumbar dijemur serta warnanya menjadi lebih cerah di banding aslinya.

“Untuk barang bahan kimia didapatkan dari Jakarta Barat dari saudara TS lalu dibelikan bahan kimia lalu dibawa langsung ke Tanara,” katanya.

Indra menjelaskan ketumbar bercampur bahan kimia itu biasa di pasarkan ke Tangerang serta Pasar Induk Kramat Jati, Jakarta. Terduga jual seharga Rp 12.000/kg.

“Sedang efeknya jika dipakai akan memunculkan kerugian kesehatan bahkan juga jika dosisnya melewati kemampuan spesifik itu mengakibatkan kematian,” katanya.

Karena tindakannya, terduga KS dijaring masalah 136 huruf b UU No 18 Tahun 2012 mengenai Pangan dengan ancaman hukuman 10 tahun penjara serta denda Rp 10 miliar.

About admin