Home / Berita Umum / Penangkapan Hiu Di Bawa Motor Jadi Viral

Penangkapan Hiu Di Bawa Motor Jadi Viral

Penangkapan Hiu Di Bawa Motor Jadi Viral – Postingan video hiu yang dibawa dengan sepeda motor jadi viral serta menarik banyak perhatian. Bagaimana duduk perkara masalah penangkapan hiu di Indonesia?

Video hiu yang dibawa dengan sepeda motor viral di sosial media. Peristiwa itu diprediksikan di daerah Sabang, karna si pembawa motor hiu memakai pakaian yang bertuliskan ‘SMA 1 Sabang’.

detikTravel wawancarai peneliti hiu serta pari dari BKSDM Kelautan serta Perikanan, Dharmadi. Dari video yang mengedar, disangka itu yaitu Spinner Shark.

” Look alike spinner shark, hiu ini type oseanik, ” tutur Dharmadi sesudah memandang video itu.

Hal semacam ini belum juga dapat di pastikan karna hiu itu butuh diidentifikasi di lebih dari satu bentuk badan. Selama ini spinner shark yaitu type hiu yang paling mendekati ciri-cirinya.

” Hiu spinner bukanlah yang termasuk juga dilindungi, ” ungkap Dharmadi.

Mengapa hiu spinner belum juga dilindungi?

” Ketentuan perlindungannya mesti berdasar pada hasil sidang COP yang berjalan tiap tiap 3 th. serta di hadiri oleh lebih dari 70 negara, ” terang Dharmadi.

Idealnya memanglah biota yang riskan punah berdasar pada karaktetistik biologinya mesti dilindungi. Karna tidak seimbang pada jumlah anakan yang dilahirkan dengan penangkapan oleh manusia.

Tetapi butuh juga memperhitungkan tingkat kesejahteraan nelayan. Mereka mencari nafkah cuma memercayakan hasil tangkapan ikan di laut.

” Karna itu butuh usaha pengelolaan dengan mengatur jumlah tangkapannya lewat kuota tangkap. Sekarang ini yang baru juga akan ditata yaitu kuota tangkap untuk type Hiu Martil, Sphyrna lewini serta Hiu Lanjaman, Carcharhinus falciformis, ” kata Dharmadi.

Untuk type hiu itu disadari seringkali tertangkap di perairan Indonesia. Hingga harus ada aturan untuk melindungi keseimbangan alam.

” Mesti terus-menerus dilaksanakan kampanye mengenai utamanya melestarikan sumberdaya hiu serta pari. Dari mulai sekolah basic harusnya dikenalkan apakah itu hiu, mengapa mesti dilindungi serta apa peranannya di laut, ” tutur Dharmadi

About admin