Home / Berita Umum / Kunjungan Gubernur Jatim Ke Gereja Untuk Memastikan Sudah Aman Lagi

Kunjungan Gubernur Jatim Ke Gereja Untuk Memastikan Sudah Aman Lagi

Kunjungan Gubernur Jatim Ke Gereja Untuk Memastikan Sudah Aman Lagi – Satu minggu setalah momen pengeboman di tiga gereja di Surabaya, Gubernur Jawa timur Soekarwo dengan Kapolda Jawa timur Irjen Pol Machfud Arifin serta Pangdam V/Brawijaya Mayjen TNI Arif Rahman mengecek keadaan di sebagian gereja. Kunjungannya ini sekalian meyakinkan beribadah yang dijalani umat Kristiani jalan aman serta aman.

Dalam kunjungannya Pakde Karwo sapaan akrab Gubernur Jawa timur menyampaikan keadaan semuanya gereja sangatlah aman. Ini tidak beda adalah peranan kepolisian serta TNI yang dapat menekankan orang-orang jikalau kondisi sangatlah aman untuk lakukan beribadah.

” Orang-orang sangatlah meyakini dengan pengamanan pada polisi serta TNI, mereka menekankan orang-orang kalau kemananan teratasi semua, bahkan juga langkah ini selalu dilakukan tindakan, ” kata Pakde Karwo di sela kunjungannya di salah satunya gereja di Surabaya, Minggu, (20/5/2018) .

Tidak cuma itu, Soekarwo juga mengemukakan pesan Presiden Jokowi jikalau langkah yang di ambil oleh pihak kepolisian ini sangatlah bagus. Cara barusan dapat menumpas kejahatan terorisme sampai ke akarnya, hingga dapat membuat situasi damai kembali ditempat beribadah.

” Ini langkah yang begitu bagus menurut presiden langkah yang ke akar-akarnya, yaitu mencari gembong terorisme sampai ke semuanya jaringannya agar tidak berkembang, ” tutur Soekarwo.

Diluar itu, Soekarwo menyimpulkan keadaan sebagian gereja di Surabaya telah jalan baik. Bahkan, dia menyampaikan terkecuali masalah agama, beberapa hal seperti perubahan sosial, ekonomi serta bersilahturahmi telah jalan seperti rata-rata. Orang-orang juga telah tidak takut sekali lagi dengan teror bom yang berlangsung pada minggu kemarin.

” Nampak kalau mulai barusan, orang-orang yang ke gereja untuk beribadah stabil ndak ada perubahan, memanglah yang siang paling banyak, pagi lebih sedikit itu memanglah siklusnya, ” kata Pakde Karwo.

Didapati di lokasi yang sama, Kapolda Jawa timur Irjen Pol Machfud Arifin menyampaikan hal yang sama. Menurut pengamatannya, keadaan ini telah normal kembali serta orang-orang nampak tenang dalam menggerakkan beribadah.

Tidak cuma itu, Machfud memberikan jikalau personel dari kepolisian sudah berjaga mulai sejak pagi untuk menaikkan rasa aman pada umat Kristiani yang akan ibadah.

” Kami telah memonitor serta lihat semua telah normal kembali, saya sama pak Gubernur serta pak Pangdam lihat anggota yang berada di lapangan, serta Alhamdulillah anggota telah ada semuanya untuk memelihara gereja, ” kata Machfud.

Machfud juga menyampaikan, penjagaan keamanan ini tidak cuma dikerjakan oleh polisi saja. Namun pihaknya memperoleh pemberian dari beragam personel keamanan dari TNI, Banser, Satpol PP, sampai anggota Pramuka.

” Dalam hal semacam ini bukan sekedar dari kepolisian serta TNI saja, ada unsur beda, ada Banser, Satpol PP, bahkan juga anggota pramuka wanita yang gunakan jilbab juga turut turun memelihara, ” lanjutnya.

Jenderal bintang dua ini mengharapkan, ada pemberian pengamanan dari beragam pihak akan buat orang-orang merasakan aman dalam mengerjakan beribadah maupun memainkan peran kesibukan seperti rata-rata. Dia juga menginginkan peristiwa tragis yang menerpa Surabaya adalah yang paling akhir kali serta tidak dapat berlangsung sekali lagi.

” Kami mengharapkan tak ada sekali lagi peristiwa seperti tempo hari. Keamanan terus terusan begini mudah-mudahan telah kembali normal seperti umum. Sebagian hali lantas memanglah sepi karna awal puasa kan umum, selalu lalu saat ini telah kembali normal, ” harapnya.

Seperti yang di ketahui, Gubernur Jawa timur, Kapolda Jawa timur serta Pangdam V/Brawijaya bertandang ke sebagian gereja di Surabaya dengan manfaat memonitor giat misa di sebagian gereja. Hal semacam ini dalam rencana antisipasi teror bom serta memberikannya rasa nyaman serta aman pada warga Kota Pahlawan.

Sementara gereja yang jadi kunjungan mereka yaitu GKI Diponegoro, Gereja Santa Maria Tidak Bercela, Gereja Hati Kudus, sampai Gereja Santa Yakobus.

About admin