Home / Uncategorized / Kendaraan Barang Dilarang Beroperasi Mulai Hari Ini

Kendaraan Barang Dilarang Beroperasi Mulai Hari Ini

Kendaraan Barang Dilarang Beroperasi Mulai Hari Ini – Kementerian Perhubungan (Kemenhub) mulai hari ini sudah memberlakukan ketentuan restriksi angkutan truk pada mudik Lebaran. Restriksi truk itu ditata dalam Surat Ketentuan Dirjen Perhubungan Darat SK. 2717/AJ. 201/DRJD/2017 yang diterbitkan pada 31 Mei 2017.

Mengenai, type angkutan truk yang dilarang beroperasi salah satunya, barang dengan berat lebih dari 14. 000 kg, mobil barang dengan sumbu tiga atau lebih, serta mobil barang dengan kereta tempelan atau kereta gandengan.

” Sesuai sama Ketentuan Menteri Perhubungan serta Surat Ketentuan Dirjen Perhubungan th. 2017, restriksi operasional ke-3 type mobil barang itu diberlakukan mulai 21 Juni 2017 atau H-4 jam 00. 00 WIB, s/d 29 Juni 2017 atau H+3 jam 24. 00 WIB, ” tutur Kepala Biro Komunikasi Umum Kementerian Perhubungan JA Barata di Jakarta, dalam keterangannya Rabu (21/6/2017).

Barata menjelaskan, Direktorat Jenderal Perhubungan Darat lewat unit kerja di daerah sudah menempatkan rambu-rambu restriksi operasional mobil barang pada semua jalan nasional serta tol di pulau Jawa.

” Kami juga sudah bekerjasama dengan kepolisian untuk lakukan penegakan ketentuannya. Pihak kepolisian berwenang untuk memberi diskresi atau membolehkan truk itu untuk melintas, bila keadaan jalan raya di jalur itu tidak alami kemacetan, ” papar dia.

Sesaat, untuk restriksi operasional mobil barang pengangkut bahan galian atau tambang seperti, pasir, tanah, batu, serta batubara, sudah diberlakukan mulai 18 Juni 2017 atau H-7 jam 00. 00 WIB, s/d 3 Juli 2017 atau H+7 jam 24. 00 WIB.

Restriksi itu berlaku di semua jalan nasional, serta jalan tol di pulau Jawa serta Propinsi Lampung. Barata memberikan, ketentuan restriksi operasional mobil barang itu tidak berlaku untuk mobil barang pengangkut Bahan Bakar Minyak (BBM), Bahan Bakar Gas (BBG), ternak, hantaran pos, sembako serta mobil barang pengangkut sepeda motor mudik gratis lebaran.

” Mobil barang yang dikecualikan itu mesti diperlengkapi dengan surat muatan yang diisi info tentang, type barang yang diangkut, maksud pengiriman barang, dan nama serta alamat yang memiliki barang. Surat itu ditempelkan pada kaca depan samping kiri, ” pungkas dia.

About admin