Home / Kesehatan / Jangan Takut Kusta Bisa Saja Anda Akan Kebal

Jangan Takut Kusta Bisa Saja Anda Akan Kebal

Jakarta Apakah itu kusta? Waktu mendengar penyakit ini, umumnya juga akan segera terbayang beberapa hal yang mengerikan. Dapat buat anggota badan terputus, buat cacat, serta menyebar dengan gampang. Tapi, semuanya bayangan serta asumsi barusan jauh dari fakta.

Kusta memanglah penyakit menyebar menahun, atau penyakit kritis. Tetapi, penyakit yang dikarenakan oleh bakteri Mycobacterium leprae (M. leprae) ini membutuhkan gambaran serta kontak yang lama untuk dapat menyebar.

Dapat satu tahun, dua th., atau bahkan juga 10 th. untuk tertular. Tetapi rata-rata penyebaran kusta berlangsung kurun waktu 2-5 th.. Intensitasnya juga mesti lama serta erat.

Kusta dapat menyebar lebih cepat bila intensitasnya tinggi. Dalam makna, paparannya intens atau jumlah bakteri pada pasien begitu banyak.

Bakteri M. leprae disebarkan lewat pernafasan (droplets), bukanlah lewat sentuhan.

” Orang seringkali mikir kalau luka atau tangan-tangan yang cacat itu dapat nular, walau sebenarnya tidak sesungguhnya, ” menurut perwakilan Direktorat Mencegah serta Pengendalian Penyakit Menyebar Segera (P2PML)

Serta anda juga tidaklah perlu takut terlalu berlebih. Karna umpamanya dalam satu populasi ada 100 orang, jadi 95 orang salah satunya miliki kebal alami pada kuman kusta.

” Jadi meskipun dibombardir setiap hari, bertahun-tahun, 95 barusan yang mempunyai kebal alami atau kebal seluler ini, akan tidak terkena. “

Dari 95 orang barusan, yang tersisa ada lima orang. Dari lima orang barusan, tiga orangnya (sekitaran 70 %), dapat terkena serta terinfeksi. Tapi bila mereka mempunyai gizi yang baik serta tak ada infeksi beda, kusta dapat pulih sendiri.

Jadi, cuma sisa dua orang yang betul-betul punya potensi terserang kusta. Merekalah yang butuh diketemukan serta diobati.

About admin