Home / Berita Umum / Ini Cara KLHK Peringati Hari Mangrove Internasional dan HUT RI Ke-73

Ini Cara KLHK Peringati Hari Mangrove Internasional dan HUT RI Ke-73

Ini Cara KLHK Peringati Hari Mangrove Internasional dan HUT RI Ke-73 – Direktorat Jenderal Pengendalian Daerah Saluran Sungai serta Rimba Lindung (PDASHL) KLHK melakukan pekerjaan penanaman mangrove dalam rencana menyemarakkan HUT RI ke-73. Pekerjaan ini sekaligus juga diselenggarakan untuk memperingati Hari Mangrove Internasional yang jatuh pada 26 Juli kemarin.

Direktur Jenderal PDASHL, Ida Bagus Putera Parthama, ada memimpin langsung pekerjaan penanaman mangrove di Blok Elang Laut, Lokasi Pantai Indah Kapuk, Jakarta selesai ikuti upacara HUT RI ke-73, Jumat (17/8/2018) pagi.

Putera mengutarakan Indonesia adalah salah satunya pemilik rimba mangrove paling besar didunia. Menjadi penduduk mempunyai keharusan untuk selalu mengawasinya supaya tidak rusak.

Seputar 200 peserta yang terbagi dalam petinggi serta karyawan KLHK, peserta Pramuka Saka Wanabakti, Karang Taruna Wana Wistara, serta anak-anak binaan Yayasan Teman dekat Anak ikut serta dalam pekerjaan penanaman mangrove ini.

Generasi muda juga dibawa dengan arah menumbuhkembangkan kesadaran generasi muda di Indonesia pada kelestarian mangrove serta menjaga pengelolaan ekosistem berkepanjangan.

” Saya membawa semua rekan-rekan supaya selalu menumbuhkan kesadaran untuk ikut melestarikan mangrove, ” tutur Putera dalam info tertulisnya.

Pada pekerjaan ini, 800 batang mangrove ditanam untuk memberi faedah buat kehidupan. Mangrove bisa jadi penahan pengikisan serta tsunami. Akarnya juga dapat tangkap endapan serta bersihkan kandungan beberapa zat kimia dari air yang hadir dari daratan serta hingga tidak mencemari laut.

Mengenai faedah rimba mangrove yang lain merupakan bisa menyerap karbon semakin banyak dibanding rimba daratan, jadi tempat berkembang biak serta habitat fauna ekosistem payau, serta menahan intrusi air laut.

About admin