Home / Kesehatan / Cara Menghilangkan Pikiran Negatif

Cara Menghilangkan Pikiran Negatif

Cara Menghilangkan Pikiran Negatif – Umumnya dari kita, mempunyai satu atau sebagian karakter negatif yang seolah senantiasa ikuti. Kita condong konsentrasi pada kritik (waktu bibir mengatakan pujian) serta sering memperkuat diri untuk hasil terburuk.

Namun, hidup tak mesti seperti itu, kata Loretta Graziano Breuning, PhD, penulis buku The Science of Positivity : Stop Negative Thought Patterns by Changing Your Brain Chemistry.

Dalam buku barunya, ia menerangkan bagaimana pemikiran sinis berkembang serta bagaimana Anda bisa membenahi lagi ” kabel ” otak Anda untuk menangani pemikiran negatif.

Maksud pada akhirnya yaitu alami dunia yang realistis dengan lebih optimis, hingga mental Anda jadi lebih sehat.

Satu riset paling baru oleh beberapa peneliti Harvard University temukan kalau orang yang optimis mempunyai resiko lebih kecil untuk wafat lantaran kanker, infeksi serta penyakit jantung.

Breuning, yang yaitu profesor bagian manajemen di Kampus California State East Bay, memberi panduan tentang langkah meniadakan kacamata negatif serta mengutamakan beberapa hal yang positif supaya kehidupan kita lebih seimbang serta sehat. Ini dia tipnya

Ambillah jarak untuk memikirkan positif tiga kali sehari

Jalur saraf otak terbentuk sepanjang masa kanak-kanak serta remaja, terang Breuning. ” Pengalaman di awal-awal kehidupan kita membuat ” jalan tol ” dimana tanda listrik bisa mengalir dengan gampang. ”

“Akibatnya, waktu usai pubertas, kita cenderung ke jalur memikirkan dengan pola spesifik, seperti gampang temukan hal yang dikira jelek dalam umumnya kondisi. “

Langkah paling baik untuk mengukir jalur baru yaitu lewat pengulangan, kata Breuning.

Mungkin saja, ini merasa aneh awal mulanya, namun Anda bisa mengarahkan rutinitas memikirkan dengan bikin catatan beberapa hal positif dalam kehidupan Anda tiga kali satu hari sepanjang enam minggu.

Bila Anda memerlukan ide untuk mengatakan apa yang positif pada diri Anda atau orang lain, Breuning mereferensikan Anda untuk menghormati prestasi-prestasi ” kecil “.

” Saya tak bicara masalah daftar kisah hidup seperti waktu Anda melamar kerja, ” kata Breuning. Fokuslah pada hal keseharian seperti ketentuan Anda untuk rajin memonitor tinjauan cuaca, hingga Anda senantiasa tahu kapan untuk sedia payung serta mantel. ”

” Naluri makhluk hidup yaitu cemas mengenai keberlangsungan hidupnya. Walhasil, kita kerap terasa cemas dalam banyak kondisi, lantaran berasumsi kondisi itu tentu meneror kehidupan, walau sebenarnya belum pasti, ” tuturnya.

Kecemasan ini kerap nampak terkecuali sirkuit di otak kita terasa baik atas ketentuan yang kita ambillah. Karenanya, lakukan menghormati bebrapa ketentuan kecil tetapi pas yang Anda atau orang lain ambillah.

Janganlah lupakan beragam kesenangan

Biarlah diri Anda alami beragam kesenangan simpel serta Anda bakal menghormati hidup ini lebih dari mulanya.

” Otak kita didesain untuk mencari pahala atau kesenganan. Namun, untuk tiap-tiap kesenangan yang telah kita punyai, otak bakal berhenti menyebabkan senyawa kimia bahagia Anda, ” kata Breuning.

” Demikianlah langkah hormon dopamine bekerja. ” Dengan kata lain, bila ada satu keperluan atau hasrat kita tercukupi, kita bakal condong mengalihkan perhatian pada keperluan atau hasrat yang lain. Ini yaitu kenyataan yang di kenal dengan sebutan habituasi.

Jadi bagaimana caranya mengelola hasrat atau keperluan yang seperti tidak ada habisnya? Jawabannya yaitu biarlah diri Anda merangkul beragam type kesenangan.

Umpamanya, Anda sukai nikmati secangkir teh hijau panas. Alih-alih menikmatinya sehari-hari, coba nikmati cuma dua atau tiga kali satu minggu. Ini bakal mendorong otak tetaplah menghormati enaknya teh hijau saat Anda memperolehnya.

Bila Anda menuruti nafsu untuk meminumnya sehari-hari, dengan selekasnya otak bakal berhenti menyebabkan dopamin serta pada akhirnya Anda jemu, dan tidak lagi menghormati secangkir teh hijau seperti terlebih dulu. Selingi kegemaran Anda bakal teh hijau dengan type minuman lain atau kesibukan lain.

Breuning juga menyampaikan, ” Keberagaman sumber kesenangan bakal menyebabkan rasa bahagia dalam periode panjang. Hal semacam itu bakal mendorong Anda lebih bahagia, serta artinya lebih positif. “

About admin